GERAKAN PENGURANGAN SAMPAH DI SMK PLUS AL-FARHAN

 Sampah tidak pernah libur, dan setiap aktifitas kehidupan manusia menghasilkan sampah. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengakui bahwa pada 2020 total produksi sampah nasional telah mencapai 67,8 juta ton. Artinya, ada sekitar 185.753 ton sampah setiap harinya dihasilkan oleh 270 juta penduduk. Atau setiap penduduk memproduksi sekitar 0,68 kilogram sampah per hari.Feb 23, 2021

Begitupun aktifitas warga sekolah, sampah menjadi keniscayaan. Kegiatan Belajar Mengajar yang  memerlukan waktu panjang, energi yang cukup besar, adalah salah satu  alasan utama adanya sampah di sekolah. Ada bekal yang harus dibawa oleh mereka agar kegiatan pembelajaran tetap bisa fokus, baik bekal berupa uang jajan atau bekal makanan dari rumah masing-masing.

Pengelolaan sampah di sekolah harus menjadi perhatian penting, karena sekolah merupakan tempat menimba ilmu, dimana kenyamanan serta kebersihan lngkungan menjadi salah satu faktor utama pendukung suksesnya pembelajaran, karena siswa maupun guru akan sangat merasakan suasana lingkungan yang kondusif,  yang berdampak pada semangat dan konsentrasi dalam proses pembelajaran.

Agen-agen perduli lingkungan harus tercetak di sekolah. Maka dengan itu sinergitas seluruh tenaga pendidik harus terus dikuatkan, hingga menjadi teladan bagi siswa siswi di sekolah.

Dengan adanya fakta timbulan sampah di sekolah yang dipaparkan diatas,maka:
Bagaimanakah cara kita mengurangi sampah di sekolah?

A.Pengertian Sampah

Sampah adalah sisa suatu usaha atau kegiatan [manusia] yang berwujud padat [baik berupa zat organik maupun anorganik yang bersifat dapat terurai maupun tidak terurai] dan dianggap sudah tidak berguna lagi [sehingga dibuang ke lingkungan]. Alam tidak mengenal sampah, yang ada hanyalah daur materi dan energi. Hanya manusia yang menyampah [mengakibatkan munculnya sampah].

B.Karakteristik Sampah di Sekolah

Sekolah sebagai tempat berkumpulnya banyak orang dapat menjadi penghasil sampah terbesar selain pasar, rumah tangga, industri dan perkantoran. Secara umum sampah dapat dipisahkan menjadi :

1. Sampah Organik
Adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk dapat terurai.
Contoh sampah organik : Sisa buah dan sayur,sisa makanan,ampas teh/kopi, ranting pohon, kayu dan daun daun kering serta semacamnya.

2. Sampah Anorganik
Adalah sampah yang sudah tidak dipakai lagi dan sulit terurai. Sampah anorganik yang tertimbun di tanah dapat menyebabkan pencemaran tanah.
Contoh sampah anorganik : Bekas kemasan plastik, botol dan sedotan plastik, kaleng minuman, kresek dan semacamnya.

3. Sampah Limbah B3
Merupakan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi, baik pada skala rumah tangga, industri, pertambangan dan sebagainya yang terkontaminasi zat atau energi dan komponen lain yang karena sifat, konsentrasi dan jumlahnya baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan merusak lingkungan hidup, membahayakan lingkungan hidup, kesehatan serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain.
Contoh : Deterjen dan pemutih pakaian, pembasi serangga, hair spray, batu baterai, oli bekas dan semacamnya.
Dengan mengenali jenis-jenis sampah tersebut kita bisa mengupayakan solusi agar sampah yang ditimbulkan tidak terlalu banyak.

C.Pengelolaan sampah

Kunci utama dari pengeloalan sampah adalah pemilahan. Minimal pemilahan dari jenis sampah organik dan non organik.Serta penerapan pengelolan 3R yatu:

1.      Reuse (penggunaan kembali) yaitu menggunakan sampah-sampah tertentu yang masih memungkinkan untuk dipakai [penggunaan kembali botol-botol bekas].

2.      Reduce (pengurangan) yaitu berusaha mengurangi segala sesuatu yang dapat menimbulkan sampah serta mengurangi sampah-sampah yang sudah ada.

3.      Recycle (daur ulang) yaitu menggunakan sampah-sampah tertentu untuk diolah

 

Dari ketiga konsep pengelolaan sampah, maka SMK Plus Al-Farhan memilih fokus mengupayakan di R kedua, yaitu: Reduce (pengurangan) yaitu berusaha mengurangi segala sesuatu yang dapat menimbulkan sampah serta mengurangi sampah-sampah yang sudah ada, dengan melalui program EMITA (Eco Brick, Misting, dan Thumler) dan Kotak Sedekah Sampah. 



Sampah secara sederhana adalah sesuatu hal yang sudah tidak terpakai dan tidak memiliki nilai ekonomis lagi. Alam tidak mengenal sampah, yang ada hanyalah daur materi dan energi. Hanya manusia yang menyampah [mengakibatkan munculnya sampah]. Sekolah sebagai tempat berkumpulnya banyak orang dapat menjadi penghasil sampah terbesar selain pasar, rumah tangga, industri dan perkantoran. Oleh karena itu atas fakta dan sebuah keniscayaan tentang sampah yang kehadirannya tidak pernah lilbur, maka SMK Plus Al-Farhan berupaya untuk komitment dalam penanganan sampah melalui pemilahan sampah, serta penggunaan konsep 3R (Reduce,Reuse, dan Recycle), dimana Reduce atau pengurangan sampah dari sumbernya, menjadi fokus upaya pengendalian sampah di sekolah. Melalui program gerakan EMITA dan Kotak Sedekah Sampah oleh seluruh warga masyarakat sekolah, khususnya tenaga pendidik dan peserta didik.

Pada bagian penutup  ini, saya ingin menyampaikan beberapa saran untuk pembaca terkait dengan perogram EMITA dan Kotak Sedekah Sampah, antara lain:

1.      Jika tidak bisa jadi SOLUSI minimal  JANGAN menambah masalah. Pastikan kita bukan dari bagian penyumbang  sampah dimanapun kita berada.

2.      Mari mulai program ini dengan 3 M (mulai dari diri sendiri, mulai dari hal terkecil, dan mulai saat ini juga)

3.      Mari jaga lingkungan dimanapun kita berada, Allohlah sebaik-baiknya pembalas kebaikan. BarokAllohufiikum

 

Kadudampit, maret 2023

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://sdtunasharapanmuntok.sch.id/read/23/pengelolaan-sampah-yang-ramah-lingkungan-di-sekolah-adiwiyata

https://multihanna.co.id/jenis-jenis-sampah-dan-penjelasannya/

(https://www.google.com/search?q=sampah+yang+di+hasilakan+setap+orang&bih)

https://www.kompasiana.com/rina13/62505ffc92cb5a4c13335e62/mengingat-kembali-rumus-perubahan-3m-ala-aa-gym?page=2&page_images=1

  


Comments

Popular posts from this blog

Cara Simple Ngundang Rezeki

BAHAGIALAH! jangan SEDIH-SEDIH! :)

#C2LSB 2 pertanyaan biasa, yang rasanya Luar biasa,.. mau tahu pertanyaan apa?