Definisi dan Gambaran Umum MARAH

 

Apa itu Mengelola Amarah: Gambaran Umum, Keuntungan, dan Hasil yang Diharapkan

Definisi dan Gambaran Umum

Kemarahan adalah bentuk emosi yang wajar dan sehat serta dapat terjadi dengan cepat. Namun, seringnya kehilangan kendali akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Hal ini juga dapat mengganggu fisik dan emosi orang lain, terutama mereka yang berada di dekat kita.

Mengelola amarah adalah tentang bagaimana belajar menghadapi emosi dengan cara mengatur pola berfikir yang dapat membuat Anda kehilangan kendali. Sebagai contoh, kecenderungan negatif, seperti yang selalu mencari tempat untuk dipersalahkan, terlalu cepat marah, dan terobsesi pada apa yang harus dan seharusnya dapat terjadi dalam kemarahan. Kecenderungan yang demikian ini menimbulkan keadaan dimana orang lain juga dapat menanggapi secara negatif dan jika Anda memiliki masalah dalam organisasi amarah, keadaannya akan semakin sulit untuk dikendalikan.

Kehilangan kesabaran yang dituliskan sebuah pertanda dari masalah pengelolaan amarah. Pada umumnya, para psikolog akan melihat pola perilaku dan tanda-tanda fisik dan emosi untuk kemudian menentukan jenis dari gangguan amarah. Beberapa bentuk yang paling umum dari gangguan amarah adalah:

  • Kemarahan terus-menerus
  • Menyalahkan diri sendiri
  • Menghakimi
  • Tidak bisa berfikir jernih
  • Berubah-ubah
  • Pasif

Setiap bentuk gangguan amarah tersebut memiliki pengaruh yang penting pada kesehatan fisik maupun mental. Kemarahan terus-menerus dapat menyebabkan lemahnya sistem daya tahan tubuh dan dapat rusak kejiwaan lain. Kemarahan yang cenderung menyalahkan diri sendiri dapat menyebabkan kerugian diri dan rasa yang berkepanjangan. Kemarahan yang menghakimi mengakibatkan timbulnya kebencian pada orang lain. Kemarahan yang menyebabkan ketidakmampuan untuk berfikir jernih membawa hidup pada perasaan tidak mampu mengatasi tantangan. Amarah yang terus berubah-ubah menuju kekerasan pada orang lain. Sementara itu, Kemarahan pasif mengarahkan pada perilaku yang menghancurkan diri sendiri.

Penyebab Keadaan

Masalah pengelolaan amarah terlahir dari ketidakmampuan seseorang untuk mangatasi permasalahan tertentu. Sebagai contoh, jika Anda tidak mampu menemukan ide dan kepercayaan, jika Anda mengalami kesulitan untuk mengemukakan emosi selain amarah, atau jika Anda tidak dapat melihat keadaan dari sudut pandang orang lain, Anda akan dengan mudah merasa marah setiap kali suatu perselisihan muncul.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa seseorang tidak mampu mengatasi amarah:

  • Lingkungan - Jika seorang anak tumbuh di tengah orang tua yang memiliki masalah dalam organisasi anak, kemungkinan sang anak akan menunjukkan perilaku tersebut. Sang anak akan berfikir bahwa Kemarahan adalah reaksi yang alami terhadap setiap hal.

  • Kekerasan - mengalami kekerasan pada masa kecil adalah salah satu penyebab utama dari permasalahan pengelolaan. Kekerasan dapat membuat seseorang merasa bahwa tanggapan tanggapan yang paling tepat adalah amarah.

  • Kekurangan kepercayaan diri - Jika Anda kurang percaya diri, kemungkinan besar Anda salah dalam mengartikan kondisi umum sebagai suatu ancaman. Amarah adalah respon yang alami terhadap suatu ancaman.

  • Pengelolaan stres - Setiap orang dapat terkena stres setiap saat. Beberapa orang mungkin lebih sering terkena stres dibandingan yang lainnya. Juga, jika Anda tidak melihat bagaimana cara stres stres, kemungkinan besar Anda akan mulai dari emosi yang paling kuat untuk mengatasi tekanan.

  • Ketidakmampuan untuk mengutarakan emosi - Beberapa orang sejak usia dini bahwa mengutarakan emosi adalah sesuatu yang salah. Sayangnya, beberapa kejadian emosi akan mengakibatkan ketidakmampuan untuk menguasai emosi. Kemarahan adalah bentuk yang paling kuat dan kemungkinan besar seseorang tidak mampu belajar mengatasi emosi jika mereka tidak mampu lagi menahannya.

Gejala Utama

Kemarahan dapat berupa kondisi mental, tetapi emosi mempengaruhi fisik dalam banyak cara. Beberapa gejala fisik yang umum dari amarah adalah:

  • Meningkatnya tekanan darah
  • Kelelahan
  • Jantung berdebar
  • Dada mengencang
  • Sakit kepala

Jika kematian berlangsung dalam waktu lama, penderita akan mulai mengalami kegelisahan, depresi, gangguan ingatan, dan gangguan tidur . Hal ini dapat tiba di titik di mana bahkan melakukan kegiatan sehari-hari yang sederhana pun dapat menjadi masalah besar. Ada juga kemungkinan bahwa orang tersebut tidak akan lagi dapat mempertahankan hubungan.

Siapa Yang Harus Ditemui dan Jenis Perawatan yang Tersedia

Jika Anda memiliki permasalahan dalam organisasi yang tepat, orang yang tepat Anda temui adalah psikolog. Sebagian besar orang yang memiliki masalah dalam mengatasi emosi tidak siap siaga dari keadaan tersebut. Seorang psikolog dapat membantu memastikan pasti dari permasalahan tersebut.

Jika belum sampai pada kondisi, Kemarahan penyebab permasalahan dalam hidup Anda, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk melihat apakah Anda dapat mengetahui kondisi emosi tersebut tanpa harus pergi untuk melakukan konseling.

  • Tenang - Kapanpun Anda merasa marah, cobalah memusatkan pikiran untuk menenangkan diri Anda. Ambil nafas dalam dan paksa diri Anda untuk mengisi hal lain selain yang membuat Anda marah. Jika Anda mampu, memindahkan diri Anda dari keadaan yang membuat Anda marah tersebut sehingga Anda dapat merasa lebih baik dan lambat menjadi tenang. Sebagai contoh, jika Anda berada di dalam ruangan dan Anda merasa marah dengan seseorang, tarik nafas dalam dan paksa diri Anda untuk keluar dari ruangan. Jika Anda sedang mengemudi, pelankan kendaraan Anda dan tempat dimana Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda. Dalam rangka untuk menenangkan diri Anda, mulailah berfikir bahwa menjadi gagal satu-satunya solusi.

  • Kemarahan Kemarahan Anda dengan tenang - Selalu ingat bahwa Kemarahan adalah emosi yang sehat dan perlu untuk diutarakan. Setelah Anda mulai tenang, cobalah untuk menjawab solusi lain dan diskusikan ini dengan orang yang sedang bermasalah dengan Anda.

  • Pencegahan mengkritik - Ketika mengutarakan kematian Anda, hindari membuat keadaan semakin buruk dengan mengkritik orang lain.

  • Belajar untuk memaafkan - Salah satu cara untuk belajar menguasai kemarahan adalah belajar untuk memaafkan. Selalu berfikir bahwa setiap orang tidak bisa selalu bertindak seperti keinginan Anda, dan bahwa Anda berkeinginan untuk memaafkan mereka yang melakukan tindakan yang berbeda.

Jika Anda tidak dapat melakukan langkah-langkah diatas, alangkah baik untuk mencari pertolongan.  Untuk  akomodasi  dengan psikolog sendiri tentunya tidak murah.  Jadi, jika Anda tidak mampu tinggal dengan psikolog, pusat kesehatan di lingkungan tempat tinggal Anda mungkin memiliki konselor yang dapat membantu Anda dengan masalah pengelolaan amarah dengan harga yang terjangkau.

Jangan menunggu hingga ketidakmampuan Anda dalam menguasai amarah yang merusak hidup Anda dan membuat Anda terlibat dalam masalah hukum.  Sangat memungkinkan untuk belajar organisasi amarah Anda.  Anda hanya membutuhkan seseorang yang dapat menunjukkan Anda bagaimana caranya.

Sumber Informasi  :

  • Masyarakat Psikologi Australia: Mengelola Kemarahan Anda
  • Asosiasi Manajemen Kemarahan Nasional - Manajemen Kemarahan
sumber link:https://www.docdoc.com/id/info/procedure/pengendalian-amarah

Comments

Popular posts from this blog

Cara Simple Ngundang Rezeki

BAHAGIALAH! jangan SEDIH-SEDIH! :)

#C2LSB 2 pertanyaan biasa, yang rasanya Luar biasa,.. mau tahu pertanyaan apa?